Pages

ANDHIKA BHAYANGKARI

Sabtu, 24 Mei 2014




Lagu andhika bhayangkari pasti dimainkan oleh korps musik sesaat sebelum upacara berakhir. Lagu ini diciptakan oleh seorang batak bernama Amir Pasaribu.


Andhika bhayangkari pencipta sapta marga

Pancasila mula jadi Negara mulia
Bhineka tunggal ika lambang bangsa satria
                                          Menuju nusantara bahagia jaya
                                         Bahagia jaya
 

Mars defille ABRI 'andika bhayangkari' diperdengarkan saat menjelang detik-detik proklamasi. Lagu ini dapat melecutkan semangat patriotik para prajurit TNI & ABRI.

Andika bhayangkari dalam bahasa jawa, andika berarti adik, dan bhayangkari berarti penjaga atau pengawal setia. Pada zaman Gajah Mada dulu memang pernah diceritakan bahwa  Maha Patih Gajah Mada dan 15 Andhika Ba-hayangkari pernah menyelamatkan Raja Jayanegara. Akhirnya, dari ruang kaputren terbitlah  fatwa Ratu Siwa tentang Tri Pakarti, yaitu ra-strawsewakottama (abdi dalem kekuasaan), nagar-ayanottama (warga teladan), dan nucasanadharma (penjaga ketertiban rakyat). Tri Prakarti ini akhirnya dikenal dengan Tri Brata (yang sering didengar di kepolisian). Maha Patih Gajah Mada pun heneng hening eling (?) merangkul Bhatara Sapta Prabu, mengelusi selendang Ratu Angabaya dan memegangi lengan Jalanidi. Dan akhirnya mengalirlah sebuah kearifan dalam bentuk kata  “Wong ngawula ing ratu luwih pakewuh.Nora kena minggang-minggring." Pengabdian itu jangan setengah-setengah. Sebab Andhika Bhayangkari adalah sejatining ruler-appointed-police. Pengayom sekaligus penentram keamanan penguasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS