Pages

Malaria

Sabtu, 24 Mei 2014



Tahukah anda tentang penyakit malaria ? berikut saya akan membahas seputar penyakit ini……



Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera, dan primate lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus  Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

Dengan munculnya program pengendalian yang didasarkan pada penggunaan residu insektisida, penyebaran penyakit malaria telah dapat diatasi dengan cepat. Namun penyakit ini masih menjadi masalah besar di beberapa bagian benua afrika dan asia tenggara. Sekitar 100 juta kasus penyakit malaria terjadi setiap tahunnya dan sekitar 1 persen diantaranya fatal. Malaria merupakan penyabab utama kematian di Negara berkembang.

Pertumbuhan penduduk yang cepat, migrasi, sanitasi  buruk, serta daerah yang terlalu padat, membantu memudahkan penyebaran penyakit malaria. Pembukaan lahan-lahan baru serta perpindahan penduduk dari desa ke kota (urbanisasi) telah memungkinkan kontak antara nyamuk dengan manusia yang bermukim di daerah tersebut.

Penyebab :
Penyakit ini disebabkan oleh protozoa yang disebut plasmodium, yang dalam salah satu tahap perkembangbiakannya akan memasuki dan menghancurkan sel-sel darah merah.

Siklus :
Siklus parasit malaria adalah setelah nyamuk anopheles yang mengandung parasit malaria menggigit manusia, maka keluar sporozoit dari kelenjar ludah nyamuk masuk ke dalam darah dan jaringan hati .


Ciri-Ciri penderita penyakit malaria : 

  •  Menggigil 15-60 menit
  • Demam 2-6 jam, timbul setelah penderita menggigil, demam biasanya suhu sekitar 37,5 – 40 derajat, pada penderita hiper parasitemia (> 5% ) suhu meningkat sampai > 40 derajat celcius.
  • Berkeringat selama 2-4 jam, timbul setelah demam terjadi akibat gangguan metabolism.



Macam – macam malaria :
a.      Malaria cerebral
b.      Malaria tertiana : disebabkan oleh plasmodium vivax, dimana penderita merasakan demam muncul setiap hari ketiga setelah 2 minggu digigit nyamuk. Jenis ini sukar disembuhkan dan sulit kambuh.
c.       Malaria quartana : disebabkan oleh plasmodium malariae, penderita merasakan demam setiap hari keempat. Terjadi antara 18 – 40 hari setelah digigit. Jenis ini tidak banyak ditemukan di Indonesia
d.      Malaria Serebral : disebabkan oleh Plasmodium falciparum, penderita mengalami demam tidak teratur dengan disertai gejala terserangnya bagian otak, bahkan memasuki fase koma dan kematian yang mendadak.
e.       Malaria pernisiosa : disebabkan oleh plasmodium vivax, gejala dapat timbul sangat mendadak, mirip stroke, koma disertai gejala malaria yang berat.
f.        Malaria Ovale : disebabkan oleh plasmodium knowlesi. Menyerang kera & manusia

Usaha Pencegahan :
-          Pemberantasan sarang nyamuk yang dapt menjadi tempat perindukan nyamuk.
-          Penggunaan Kelambu
-          Penggunaan Lotion anti nyamuk sewaktu keluar rumah pada daerah endemis malaria
-          Sebelum pergi ke daerah endemis malaria seperti papua sebaiknya mengkonsumsi pil kina untuk pencegahan

Obat Malaria yang baik :
  • Membunuh semua stadium dan jenis parasit
  • Menyembuhkan infeksi akut, kronis, dan kambuh
  • Toksisitas dan efek samping sedikit
  •  Mudah cara pemberiannya  
  •   Harga murah dan terjangkau 



Berikut beberapa contoh obat malaria :




~SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS