Pages

KANKER PAYUDARA

Rabu, 21 Mei 2014

Kanker Payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel-sel ini biasanya muncul pada saluran atau lobula di payudara. Sel-sel kanker ini dapat menyebar di antara jaringan atau organ yang ada dan ke bagian tubuh lainnya.


 faktor penyebab kanker payudara pada masa yang semakin canggih ini:

  • Penggunaan Pil Hormon : penggunaan pil hormon yang berlebihan pada wanita penderita monopause ternyata dapat menjadi penyebab kanker payudara dan penggunaan pil hormon dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker payudara.
  • Penggunaan Pestisida pada buah dan sayuran : konsumsi pestisida beresiko meningkatkan kanker payudara bagi kaum wanita, maka dari itu sangat disarankan untuk mencuci sayuran dan buah hingga bersih sebelum mengkonsumsinya sehingga pestisida yang lengket pada sayuran dan buah tersebut hilang.
  • Perokok Pasif : Perokok Pasif adalah orang yang tidak merokok akan tetapi orang yang tidak sengaja menghisap asap rokok yang dikeluarkan oleh orang perokok. Perokok pasif memiliki hubungan erat dengan resiko terserang penyakit kanker payudara, oleh karena hindarilah orang-orang yang merokok agar anda tidak menjadi perokok pasif.
  • Penggunaan Kosmetik : bahan-bahan kosmetik yang bersifat seperti hormon estrogen beresiko menyebabkan meningkatan resiko mengalami penyakit kaker payudara, hati-hatilah dalam penggunaan alat kosmetik untuk kesehatan diri anda.
  • Pemanis Buatan : pemanis buatan yang berlebihan dapat meningkatakan resiko terkena penyakit kanker payudara, walaupun hal ini belum terbukti sepenuhnya dalam penelitian ada baiknya menghindari sesuatu yang tidak bagus untuk kesehatan.
  • Kacang Kedelai : Kacang kedelai memang menjadi makanan yang sehat bagi orang yang melakukan diet akan tetapi kandungan phytoentrogens yang dikandung dalam kacang kedelai ini dapat meningkataan resiko yang dapat memicu timbulnya kanker payudara, hal ini disebabkan oleh kandungan phytoestrogens yang dapat meningkatkan pertumbuhan hormon estrogen. Kacang kedelai memang baik untuk kesehatan akan tetapi sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus,konsumsilah secara seimbang.

Tanda-tanda Kanker Payudara:
   
  • Benjolan yang tidak terasa sakit pada payudara
  • Gatal dan ruam yang terus menerus di sekitar puting
  • Pendarahan atau keluarnya cairan dari puting yang tidak biasanya
  • Kulit payudara membengkak dan menebal
  • Kulit payudara mengkerut atau menjadi cekung
  • Puting melesak ke dalam


Kebiasaan sehari-hari yang dapat mencegah kanker payudara :
    Menghindari paraben
    Paraben adalah senyawa yang bersifat menyerupai hormon tubuh. paraben biasanya terdapat pada produk kosmetik.
     
     Menghindari BPA
    BPA juga termasuk senyawa karsinogen atau penyebab kanker. BPA banyak ditemukan dalam botol plastik, dot bayi, sampai peralatan makan.

    Rajin memeriksa payudara
    Tidak perlu melakukan tes pemeriksaan di rumah sakit jika ingin mendeteksi kanker payudara. Lakukan saja sendiri di rumah setiap bulan pada hari ketujuh setelah menstruasi. Deteksi dini bisa memaksimalkan angka kesembuhan penyakit kanker.

    Jalan kaki
     Jalan kaki setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara. Jadi sempatkan diri untuk jalan kaki secara rutin demi menjaga kesehatan dan menangkal penyakit kanker.

    Makan sayuran
    Pada sayuran yang berwarna hijau, ada antioksidan yang berperan dalam menghentikan penyebaran kanker. Oleh sebab itu makan sayuran hijau juga termasuk salah satu kebiasaan sehari-hari yang bisa mencegah kanker payudara.

    Mengonsumsi minyak zaitun
    Minyak zaitun pada dasarnya kaya akan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara kadar lemak sehat dalam tubuh punya peran dalam memerangi radikal bebas. Sehingga konsumsi minyak zaitun dianjurkan demi mencegah kanker payudara.

    Makan ikan
    Ikan tertentu memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang menyehatkan. Jadi jangan ragu makan ikan salmon, cod, dan tuna yang kaya akan mineral tersebut. Selain mencegah kanker, omega-3 sering disebut sebagai nutrisi yang ampuh menangkal berbagai macam penyakit kronis lainnya.

    Mendeteksi estrogen

    Estrogen adalah hormon yang jika jumlahnya terlalu banyak bisa menimbulkan berbagai macam kanker. Jadi lakukan deteksi estrogen di rumah sakit dan temukan cara untuk menurunkan kadar hormon tersebut demi mencegah kanker payudara.


    Semoga Bermanfaat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS