Pages

terlalu banyak antibiotik, daya tahan tubuh anak turun

Jumat, 28 Februari 2014



Meskipun pemberian antibiotic dianggap dapat membantu menyembuhkan penyakit anak, namun rupanya minum antibiotic bisa berdampak buruk. Ya, tak selalu memberikan dampak positif, antibiotic pun bisa menjadi buruk jika pemberiaannya berlebihan.
Apabila digunakan secara terus menerus bisa terjadi resistensi pada antibiotic. Belum bisa dipastikan berapa lama jangka konsumsi antibiotic hingga seorang anak menjadi kebal terhadap kuman tersebut. Bisa saja sekali minum langsung kebal atau baru menjadi kebal setelah beberapa kali minum.  Jika sedikit-sedikit anak diberi antibiotic, maka semakin lama anak justru akan menjadi alergi dan kebal terhadap antibiotic tersebut. Dan apabila antibiotic digunakan secara berlebihan akan berakibat menurunnya daya tahan tubuh anak dan bakteri baik nantinya bisa jadi jahat dan menyebabkan penyakit.
Yang pasti jangan ragu untuk mengonsultasikan pada dokter anak setiap kali anak diberikan antibiotic. Jelaskan kapan terakhir kali anak sakit dan diberi antibiotic. Dengan begitu, dokter akan mempertimbangkan kembali apakah antibiotic benar-benar dibutuhkan anak pada saat itu atau tidak  jangan lupa untuk taat memberikan antibiotic kepada  anak jika sudah diresepkan dokter sampai habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS